Kamis, 27 Maret 2014

Penangkaran Rusa Cariu

Liburan sekolah anak-anak bingung mau kemana?
Mari coba wisata alam yang cukup murah ini di kawasan Jonggol, perbatasan antara kecamatan Cileungsi dan Cianjur. Jarak juga tidak terlalu jauh dari Jakarta maupun dari arah Bandung, cukup memakan waktu kira-kira 1-2jam.

Wana wisata ini dikelola oleh Perhutani Bogor, namun sayang sekali kurang perawatan dan fasilitas yang memadai. Contohnya saja tidak ada plang khusus yang menandai adanya penangkaran rusa ini, hanya plang kecil yang menyebutkan "Penangkaran rusa 50m". Sementara untuk memasuki jalan menurun menuju wisata ini sendiri tidak ada. Jalanannya sendiri belum diaspal, menurun sampai ke pelataran parkir sederhana.

Pengunjung akan dikenakan tarif sebesar 10ribu rupiah per orang dan 5ribu untuk parkir motor serta 10ribu untuk mobil.

Setelah itu, pengunjung akan berjalan kaki melewati jembatan gantung yang cukup panjang untuk melintasi sungai.





Setelah melewati jembatan, pengunjung masih harus menyusuri jalan setapak sekitar 10menit untuk mencapai penangkaran rusa ini. Barulah dapat menyaksikan rusa-rusa yang berkeliaran di atas lapangan rumput.

Ada baiknya pengunjung membawakan sayur-sayuran seperti wortel ataupun sayuran hijau lainnya untuk diberikan kepada rusa-rusa sebagai hiburan tersendiri buat anak-anak.

Rusa-rusa tersebut sangat jinak kepada para pengunjung, sehingga tidak jarang anak-anak berfoto bersama sambil mengelus-elus rusa tersebut.





Setelah bermain-main dengan rusa-rusa, pengunjung bisa duduk-duduk di saung-saung yang telah disediakan sambil menikmati aneka makanan yang dijual oleh penduduk setempat. Disini tersedia karedok, ikan bakar, ayam goreng dan aneka makanan lain seperti nasi goreng, popmie dll.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar