Senin, 14 April 2014

[Relaksasi] Pemandian Air Panas Ciparay Bogor

Bogor, siapa yang tidak mengenal kota yang terkenal dengan udara sejuknya ini. Salah satunya adalah kawasan wisata Gunung Salak Endah yang menyajikan keindahan alam berupa air terjun dan pemandian air panas alami dari pegunungan sekitarnya.

Hanya membutuhkan perjalanan kurang lebih 1-2jam untuk mencapai tempat ini, tepatnya ke arah timur kota Bogor menuju Jasinga sampailah ke pintu gerbang menuju Gunung Salak Endah.

Ciparay-Bogor
Di pintu gerbang Gunung Salak Endah Ini, pengunjung akan dikenakan tiket masuk senilai 10ribu untuk satu motor dan 30ribu untuk pengendara mobil. Belok ke arah kanan tepat sebelah mesjid, perjalanan ditempuh kurang lebih 200meter sampai di pintu masuk menuju jalanan menurun dengan anak tangga kurang lebih ratusan. Di pintu masuk ini, pengunjung dikenakan tarif 5ribu rupiah/orang baik dewasa maupun anak-anak.

Ciparay-Bogor
Ternyata Pemandian air panas Ciparay ini merupakan sebuah sungai yang di kiri kanannya adalah perbukitan gunung salak. Air sungainya sangat jernih dan tentu saja dingin layaknya air sungai pegunungan pada umumnya. Sementara dikiri kanan sungai terdapat cukup banyak sekali bangunan serupa saung-saung bambu khas daerah sunda.

Air panasnya sendiri ada disebelah kiri, yaitu tepat berasal dari tebing perbukitan yang ditampung dalam kolam kecil dan dialirkan melalui pancuran bambu. Namun ada juga pemandian yang berbayar 3ribu rupiah/orang untuk pengunjung yang hendak berendam.

Pemandian Air Panas
Bagi pengunjung yang hendak makan, warung-warung sekitarnya juga menyediakan berbagai macam makanan ala warteg sunda yang bisa dinikmati sambil duduk-duduk diatas saung. Saung disini disewakan penduduk sekitar untuk para pengunjung dengan tarif 30ribu untuk saung terbuka, sementara saung yang tertutup disewakan seharga 50ribu. Tidak hanya disewakan untuk sekedar duduk-duduk dan makan-makan, saung jenis tertutup ini juga disewakan bagi pengunjung yang hendak menginap dengan tarif yang bervariasi mulai 100-300ribu per kamar sesuai kesepakatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar